Apa Itu Topologi Ring? : Pengertian Singkat Tentang Topologi Ring

APA ITU TOPOLOGI RING?





Topologi cincin atau topologi ring merupakan desain topologi jaringan yang memiliki bentuk melingkar seperti cincin. Perangkat komputer yang terhubung dalam satu rangkaian yang berbentuk lingkaran.  Ketika topologi ring menerima atau meneruskan sebuah sinyal memerlukan bantuan sebuah token. Topologi ring bisa digunakan untuk jaringan yang cakupan nya tidak terlalu besar, seperti rumah, sekolah, ataupun kantor.



Ciri-Ciri Topologi Ring

1. Pada setiap perangkat komputer terkoneksi dengan dua perangkat yang terletak pada sisi kanan dan sisi kirinya. 

2. Pada topologi jenis ini menggunakan kabel UTP\Patch Cable.

3. Topologi jenis ini jika melakukan pengiriman data dapat menggunakan jalur kanan maupun kiri, maka tabrakan antar data dapat dihindari.

4. Ketika perangkat ketiga nya mengalami kerusakan, perangkat lain tidak terpengaruh.



Cara Kerja Topologi Ring 

Cara kerja topologi ring adalah masing-masing perangkat komputer terkoneksi dengan perangkat pada sisi kanan dan sisi kirinya. Lalu, masing-masing dari perangkat tersebut melakukan transmisi jika terdapat token dari perangkat sebelumnya, Setelah itu akan diteruskan kepada perangkat berikutnya. Pesan atau data hanya bisa dikirimkan oleh perangkat yang memiliki token. Dengan menambahkan alamat tambahan, token bisa diubah.



Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

-Kelebihan pada topologi ring ini cenderung memiliki biaya instalasi yang tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan topologi jenis lainnya. Hal ini karena desain yang hanya berbentuk lingkaran dan tidak menggunakan kabel terlalu banyak.

-Kekurangan topologi ring ini adalah jika terjadi kerusakan pada salah satu node, maka node lainnya akan terpengaruh. Maka dari itu cincin ganda digunakan untuk antisipasi.


Tidak ada komentar:

Adbox