Apa Itu Warna CMYK? : Pengertian Singkat Tentang Warna CMYK

APA ITU WARNA CMYK?


CMYK merupakan singkatan dari empat warna yaitu cyan, magenta, yellow dam key. CMYK adalah model warna subtraktif yang bekerja dengan menutupi sebagian atau seluruh warna pada latar belakang terang berwarna putih, deretan warna dalam model ini juga biasanya akan dikombinasikan agar bisa membentuk rona warna baru.Warna hitam bisa saja masuk dalam kombinasi CMYK, Tetapi warna hitam disini malah terlihat seperti lumpur gelap yang kecokelatan.


CMYK digunakan untuk percetakan, mencakup percetakan komersial, h‌ingga printer warna.Mesin printer akan ada empat tempat tinta yang terpisah.Cyan, Magenta, Yellow, dan Black punya tempatnya tersendiri.Yang kamu lihat saat mencetak adalah hasil kombinasi dari warna tersebut dan ini berbeda dengan sistem warna RGB.



Perbedaan terbesar CMYK dan RGB adalah penggunaannya. RGB digunakan untuk layar digital, desain website dan aplikasi menggunakan warna RGB. CMYK digunakan untuk percetakan, termasuk poster, kartu nama, dan pembuatan banner juga bagian darinya.Warna dari RGB akan lebih gelap dari CMYK. Yang terlihat di layar, belum tentu sama dengan yang sudah tercetak.menghindari RGB sejak awal maka bisa menghindari ketidaksamaan ini. Hasil cetaknya akan sejalan dengan ekspetasimu.

Manfaat CMYK

Variasi media banyak yang menggunakan palet warna CMYK.

Standar palet warna untuk desain grafis.

Biaya tidak terlalu besar karena menggunakan teknik printing halftoning.

Hasil warna di-print akurat seperti yang ditampilkan di layar.









 


Tidak ada komentar:

Adbox