Tujuan Pernikahan dalam Agama Islam

Sumber : https://images.app.goo.gl/y1e5uyMBAWKGtjcy6



Berlangsungnya suatu pernikahan yang ditandai dengan adanya ijab dan qabul memiliki beberapa tujuan. Beberapa macam tujuan dari suatu pernikahan berdasarkan Al-Quran dan Hadist, yaitu sebagai berikut :

1. Menjalankan Perintah Allah
Dalam Islam, tujuan utama dari pernikahan yaitu sebagai bentuk melaksanakan perintah Allah. Dengan menjalankan perintah Allah, maka umat Muslim akan mendapatkan pahala sekaligus kebahagiaan dunia dan akhirat. Kebahagiaan ini menyangkut tentang semua hal termasuk rezeki.

2. Melaksanakan Sunah Rasul
Selain menjalankan perintah Allah, tujuan menikah adalah untuk melaksanakan sunah Rasul. Dengan melaksanakan sunah Rasul, maka seseorang dapat terhindar dari perbuatan zina.

3. Mencegah dari Perbuatan Zina 
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa dengan menikah berarti sama halnya dengan menjaga kehormatan diri sendiri, sehingga kita dapat untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama Islam. Selain itu, suatu pernikahan dapat membuat diri kita menjaga pandangan dan terhindar dari perbuatan zina, sehingga kita dapat menjalani ibadah pernikahan yang lebih baik.

4. Menyempurnakan Separuh Agama
Terlaksananya pernikahan sama halnya dengan menyempurnakan separuh agama Islam. Dengan kata lain, menikah dapat menambah pahala seorang hamba. Dalam hal ini, menyempurnakan agama dapat diartikan sebagai bentuk untuk menjaga kemaluan dan perutnya.

5. Mendapatkan Keturunan
Setiap umat Muslim yang melaksanakan pernikahan pasti mempunyai tujuan yang sama untuk mempunyai keturunan dengan harapan agar dapat menjadi penerus keluarga. Mempunyai keturunan juga akan menambah kebahagiaan bagi rumah tangga yang sedang dibangun. Selain itu, mempunyai keturunan juga bisa menjadi bekal pahala untuk suami istri di akhirat nanti

Tidak ada komentar:

Adbox